INDIEnews.id – Sejak terbentuk Maret 2020, Indonesia Financial Group (IFG) mulai agresif masuk ke pasar. Salah satunya dengan menggandeng Bank BTN untuk mengembangkan bisnis mulai dari konsolidasi restrukturisasi, transformasi dan inovasi.

Bahkan, anak usaha IFG termasuk IFG Life bisa memaksimalkan kerjasama melalui layanan bancassurance. Ini merupakan kerja sama antara Bank dan perusahaan asuransi jiwa untuk menyediakan produk proteksi maupun investasi bagi nasabah perbankan.

IFG Life yang baru saja mendapat izin operasional dari OJK bisa memaksimalkan kolabirasi ini melalui layanan produk bancassurance,” kata Direktur Utama IFG Robertus Bilitea, Kamis (15/4).

Baca juga : IFG Life Menuju Pemain Besar di Industri Asuransi

Selain melanjutkan pemberian manfaat dari polis Jiwasraya yang telah direstrukturisasi, IFG Life rencananya akan membidik pasar asuransi jiwa, kesehatan, hingga pengelolaan dana pensiun di Indonesia.

Di sisi lain, IFG yang memiliki anak usaha di bidang capital market, asuransi umum dan asuransi jiwa juga dapat memberikan layanan lebih lengkap kepada BTN. Nasabah bisa mendapatkan manfaat jangka panjang dari produk – produk yang disediakan IFG maupun anak usaha.

Menariknya, Bahana TCW Investment Management diberikan kepercayaan oleh bank sentral di Asia Pasific untuk mengelola dana mereka dalam bentuk indeks dari surat utang negara dan ini satu-satunya di Indonesia. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh Bank BTN. 

Baca juga : IFG Life Jadi Pendatang Baru Di Bisnis Asuransi Jiwa

Bank BTN juga bisa melakukan leverage aset melalui kerja sama dengan anak usaha IFG lain yaitu Bahana Sekuritas yang aktif memberikan jasa konsultasi keuangan. Baru baru ini Bahana menjadi lead advisor untuk menyelesaikan merger bank Syariah BUMN menjadi Bank Syariah Indonesia,

”Kemudian IFG Life ke depan akan menjadi perusahaan yang memberikan penjaminan dan proteksi. Ini baru permulaan. Kita berharap bisa menjadi partner strategis dari Bank BTN,” tuturnya.

Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo menuturkan, dengan segala potensi dan keunggulan BTN sebagai market leader pada pembiayaan perumahan, perseroan siap menghadapi tantangan dan peluang ke depan dengan berbagai strategi, di antaranya menjalin kerja sama dengan institusi jasa keuangan seperti IFG.

Baca juga : IFG Life incar market korporasi hingga pegawai BUMN

Tujuan besarnya adalah untuk memperbesar layanan perbankan dan juga melakukan ekspansi bisnis yang mendukung visi dan misi BTN untuk menjadi The Best Mortgage Bank in South East Asia pada tahun 2025.

Menurut Haru, kerja sama dengan IFG ini akan melengkapi produk layanan perbankan yang sudah ada di perseroan. Dengan hadirnya produk dari IFG, maka ke depan nasabah BTN bisa juga dapat memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya.

“Kerja sama dengan IFG merupakan suatu kebanggaan bagi Bank BTN. Sudah bukan rahasia umum bahwa IFG menyediakan berbagai produk keuangan non-perbankan seperti asuransi jiwa, asuransi umum, dan investasi,” terangnya.

Baja juga : IFG Life Miliki Prospek Cerah dalam Industri Asuransi

Ia berharap kolaborasi ini akan membentuk ekosistem produk dan layanan yang lengkap, meningkatkan potensi product holding ratio dan menumbuhkan customer lifetime value (CLV).

Melalui produk – produk seperti mortgage-backed securities (MBS), retail bond, produk bagi treasury BTN, Asian Bond Fund (new fund), advisory, dan bancassurance.

Source : Kontan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *