IndieNews.id — Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di tengah-tengah pengobatan dan perawatan kanker prostat di Amerika Serikat, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri.

Menurut SBY, Megawati telah banyak memberikan dukungan terhadapnya dalam menjalani pengobatan di Mayo Clinic, Rochester, AS itu.

“Saya juga menghaturkan terima kasih kepada Ibu Megawati Soekarnoputri, Presiden Kelima Republik Indonesia atas perhatian kepedulian dan doa baik beliau terhadap apa yang saya alami sekarang ini,” kata SBY dikutip dari video yang diunggah dalam akun Instagram @aniyudhoyono, Selasa (23/11/2021).

Baca juga: SBY Ucapkan Terima Kasih pada Dua Dokter Urologi, Ahli Jantung dan Tim Dokter Kepresidenan atas Pengobatan Kanker Prostat di AS

Selain Ketua Umum PDI-P itu, SBY juga mengucapkan terima kasih kepada dua mantan Wakil Presiden di era pemerintahannya, yaitu Jusuf Kalla dan Boediono.

SBY mengatakan, Jusuf Kalla dan Boediono terus mengirimkan doa untuk kesembuhan dirinya dari kanker prostat. Lebih lanjut, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu mengaku dirinya masih akan tetap berada di Rochester dalam beberapa waktu ke depan.

“Saya masih akan berada di Rochester untuk kelanjutan recovery dan Insya Allah nanti pada saatnya segera kembali ke Tanah Air,” ucap SBY.

Selain itu, SBY mengungkapkan dirinya didampingi oleh sejumlah dokter dari Indonesia dan tim dokter kepresidenan selama menjalani perawatan di Rochester.

Baca juga: Jalani Pengobatan di AS, SBY: Terima Kasih Bapak Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin

Tak lupa, SBY mengucapkan terima kasih kepada para dokter itu. Pertama, dia mengucapkan terima kasih kepada dua dokter spesialis urologi yaitu Profesor Dokter Rainy Umbas dan Dokter Robertus Bebet Prasetya yang membantunya.

Selain dua dokter tersebut, SBY juga mengucapkan terima kasih kepada tim dokter kepresidenan (TDK) yang telah membantu perawatan. Menurut SBY, di bawah pimpinan Letnan Jenderal TNI Albertus Budi Sulistya, tim dokter kepresidenan telah melakukan komunikasi dengan Mayo Clinic untuk kelancaran pengobatan kanker prostat.

“Tim dokter kepresidenan di bawah Letnan Jenderal Budi Sulistya dan jajarannya yang juga terus menerus merawat, membantu termasuk komunikasi dengan Mayo Clinic,” ujarnya.

Kemudian, dirinya mengaku telah dibantu oleh seorang dokter dan juga profesor yang ahli jantung yaitu Profesor Munawar. Atas bantuan Profesor Munawar, SBY mengucapkan terima kasih kepadanya yang telah berkomunikasi dengan kolega untuk kelancaran pengobatan.

Baca juga: Pengobatan Kanker Prostat SBY Dibiayai Negara, Ini Hak Mantan Presiden

SBY didiagnosis mengidap kanker prostat stadium awal setelah menjalani serangkaian pemeriksaan melalui metode MRI, biopsi, positron emission tomography (PET) specific membrane antigen (SMA) scan, dan pemeriksaan lainnya oleh tim dokter.

Berdasarkan hasil konsultasi dengan tim dokter di Indonesia, diputuskan bahwa SBY akan menjalani perawatan di Amerika Serikat untuk mengobati penyakitnya.

“Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan tim dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di Amerika Serikat yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat,” kata Herzaky, Jumat (5/11/2021). Adapun operasi terkait kanker prostat yang diderita SBY pada Kamis (11/11/2021) berjalan lancar.

Source: Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *