IndieNews.id — Tim bulu tangkis Indonesia secara resmi telah memutuskan untuk mundur dari BWF World Championship 2021 atau Kejuaraan Dunia 2021.

Informasi terkait mundurnya Indonesia dari ajang BWF World Championship 2021 tersebut disampaikan oleh PBSI pada Rabu (8/12/2021) WIB.

Sebelumnya, beberapa wakil Merah Putih memang diagendakan mengikuti Kejuaraan Dunia yang akan berlangsung di Huelva, Spanyol, pada 12-19 Desember 2021 itu.

Akan tetapi, sesuai laporan Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta kepada Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna, diputuskan bahwa keberangkatan tim bulu tangkis Pelatnas Cipayung ke Kejuaraan Dunia dibatalkan.

Alhasil, para pencinta bulu tangkis Tanah Air pun urung atau batal menyaksikan perjuangan bintang-bintang badminton Indonesia.

Berikut ini alasan dan respons kekecewaan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) terkait mundurnya Indonesia dari ajang BWF World Championship 2021:

Baca juga: Tim Bulu Tangkis Indonesia Resmi Mundur dari BWF World Championship 2021

Alasan Indonesia Mundur dari BWF World Championship 2021

Penyebaran varian baru virus Covid-19 Omicron yang tidak menentu, khususnya di Eropa, menjadi pertimbangan utama PBSI.

Selain itu, PBSI juga mempertimbangkan imbauan Pemerintah Indonesia yang sudah meminta untuk membatasi perjalanan ke luar negeri mengingat pandemi virus corona belum berakhir.

“Keputusan menarik tim bulu tangkis Indonesia dari Kejuaraan Dunia 2021 sudah disetujui oleh Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna,” kata Ketua Harian PBSI, Alex Tirta.

Hal senada juga diungkapkan Rionny Mainaky selaku Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI. Rionny Mainaky memastikan PBSI sudah berdiskusi dengan seluruh pemain sebelum mengambil keputusan mundur dari Kejuaraan Dunia 2021.

“Penyebaran virus Omicron yang cepat sehingga perubahan protokol kesehatan yang tidak menentu membuat kami memutuskan untuk mundur dari Kejuaraan Dunia 2021,” kata Rionny Mainaky.

“Kami tidak mau mengambil risiko. Keselamatan dan kesehatan atlet lebih utama,” ujar Rionny Mainaky. “Para pemain juga sudah kami ajak berdiskusi dan mereka setuju untuk menarik diri dari Kejuaraan Dunia,” ucap Rionny.

Baca juga: Alasan Tim Bulu Tangkis Indonesia Mundur dari Kejuaraan Dunia 2021

Daftar Atlet yang Batal Tampil di Kejuaraan Dunia 2021

Total ada 13 atlet pelatnas PBSI, mulai dari Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Anthony Sinisuka Ginting, hingga Jonatan Christie, yang dijadwalkan mengikuti turnamen tersebut.

Namun, Jonatan Christie dkk dipastikan tidak akan berpartisipasi di Kejuaraan Dunia 2021.

Daftar lengkap atlet yang batal tampil pada ajang tersebut bisa dibaca selengkapnya pada artikel berikut: Daftar Wakil Indonesia yang Batal Tampil di Kejuaraan Dunia 2021

BWF Kecewa Indonesia Mundur

Setelah PBSI mengumumkan keputusan tersebut, BWF memberikan respons dengan menyatakan kekecewaan melalui rilis resminya.

“BWF kecewa dengan keputusan PBSI dan menyayangkan penarikan pemain yang dilakukan usai pengundian,” tulis BWF pada Rabu sore WIB.

Adapun BWF juga memastikan bahwa ada “sebagian kecil” wakil Indonesia yang bakal berlaga di Kejuaraan Dunia 2021.

Melansir dari BolaSport, diketahui bahwa wakil yang dimaksud adalah pasangan ganda campuran Dejan Ferdinansyah/Serena Kani.

Mereka adalah salah satu wakil Indonesia non-Pelatnas PBSI dan akan berangkat ke Spanyol bersama pelatih Viita Marissa pada Kamis (9/12/2021).

“Dejan/Seran akan tampil dalam Kejuaraan Dunia, mereka akan berangkat pada 9 Desember dari Jakarta,” kata Admin dan Support Coordinator PB Djarum, Lius Pongoh.

Dejan/Serena bukanlah satu-satunya pebulu tangkis non-Pelatnas yang lolos ke Kejuaraan Dunia 2021. Terdapat pemain lain, yaitu tunggal putra Tommy Sugiarto.

Akan tetapi, belum ada keterangan resmi apakah Tommy bakal ke Spanyol atau memilih mundur Adapun BWF tak merencanakan drawing ulang.

Pertandingan babak pertama Kejuaraan Dunia 2021 akan dimulai Minggu (12/12/2021) pukul 10.00 pagi waktu lokal.

Source: Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *