INDIEnews.id – Sejumlah pasangan acapkali gamang ketika berhubungan seks saat hamil muda. Sebagian di antara mereka khawatir, beberapa posisi seks saat hamil muda bakal membahayakan janin di dalam kandungannya.

Kondisi ini biasanya dirasakan pasangan yang baru kali pertama bakal menimang momongan. Sebelum menyimak ulasan beberapa posisi seks saat hamil muda yang aman, simak dulu penjelasan seputar berhubungan seks di trimester awal kehamilan.

Melansir Parenting Firstcry, berhubungan seks saat hamil muda umumnya aman. Pasalnya, rahim wanita memiliki otot yang kuat untuk mencegah keguguran. Selain itu, selama berhubungan seks, penis biasanya tidak dapat menjangkau rahim, sehingga janin di dalam kandungan tetap aman.

Para ibu hamil juga tidak perlu khawatir orgasme bakal memicu kontraksi, nyeri, atau persalinan. Kontraksi selama orgasme umumnya sangat ringan. Namun perlu diingat, pastikan para pria tidak menekan area perut ibu hamil ketika berhubungan seks.

Kapan ibu hamil dilarang berhubungan seks saat hamil muda?

Berhubungan seks saat hamil muda umumnya aman bagi wanita. Namun, pasangan sebaiknya tidak berhubungan seks di trimester awal kehamilan jika:

  • Ibu hamil pernah keguguran, plasenta previa, dan ketuban pecah dini
  • Ibu hamil merasa mual dan kelelahan yang luar biasa
  • Ibu hamil bayi kembar Ibu hami plasentanya terletak di bawah
  • Ibu hamil punya leher rahim atau serviks yang lemah Pasangan mengidap hepatitis B, herpes kelamin, penyakit menular seksual

Jika masih ragu-ragu atau khawatir hubungan seks akan memengaruhi kehamilan, pasangan bisa berkonsultasi pada dokter kandungan yang menangani.

Posisi seks saat hamil muda yang aman

Terdapat beberapa posisi seks saat hamil muda yang umumnya aman dan tidak memengaruhi janin di dalam kandungan, antara lain:

Woman on top

Posisi seks wanita di atas ini relatif minim tekanan pada perut. Selain itu, ibu hamil juga dapat mengontrol kedalaman penetrasi agar hubungan seks lebih nyaman.

Berbaring di tepi tempat tidur

Posisi seks ini dilakukan dengan cara wanita berbaring di tepi tempat tidur dan lututnya ditekuk. Sedangkan pasangan berdiri menghadap ibu hamil. Posisi ini juga minim tekanan pada perut ibu hamil.

Berlutut di sofa

Posisi seks ini dilakukan dengan cara ibu hamil duduk berlutut di sofa atau kursi empuk dengan perut menghadap sandaran sofa. Sementara itu, pasangan melakukan penetrasi dari belakang.

Spooning

Posisi seks ini dilakukan dengan cara pasangan berbaring miring berdampingan. Dengan posisi ini, penetrasi tidak terlalu dalam dan relatif lebih aman. Di trimester awal kehamilan, pasangan sebaiknya menghindari posisi seks yang riksan menekan rahim, seperti posisi berdiri dan misionaris.

Tanda bahaya berhubungan seks saat hamil muda

Melansir WebMD, pasangan sebaiknya waspada dan segera berkonsultasi ke dokter apabila berhubungan seks saat hamil muda sampai memicu pendarahan.

Atau, setelah berhubungan seks keluar cairan berbau tidak sedap dari vagina ibu hamil. Kondisi ini bisa jadi tanda infeksi yang bisa menjalar sampai ke rahim.

Source: kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *