INDIEnews.id – Presiden Jokowi meninjau lokasi lumbung pangan (food estate) yang ada di Desa Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah pada Selasa, 14 Desember 2021. Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menanam bawang merah bersama para petani dan masyarakat sekitar.

Usai meninjau, Jokowi meminta Kementerian Pertanian atau Kementan memberi pendampingan kepada para petani bawang agar produktivitas panen mereka bisa naik.

“Ada 339 hektare yang akan kita dampingi, didampingi oleh Kementan yang kita harapkan nanti produktivitasnya bisa meningkat,” ujar Jokowi seperti disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 14 Desember 2021.

Selain pendampingan dari sisi produksi, Jokowi juga meminta Kementan menyiapkan penjamin pembelian atau penyalur (off taker) bawang merah.

“Sehingga kepastian harga, kepastian yang membeli itu ada dan harga yang ada tidak dipermainkan oleh para tengkulak,” ujar Jokowi.

Dengan produktivitas yang semakin baik, Jokowi berharap pendapatan petani bawang akan meningkat. Ia berjanji akan kembali meninjau produksi bawang merah di Temanggung usai masa panen.

“Ini akan saya lihat setelah panen, karena kita dapat memastikan kalau panen sudah terjadi berarti per hektar dapat berapa ton, ongkos di produksinya berapa, sehingga ketemu betul para petani memang dapat keuntungan dengan menanam bawang merah ini,” ujar Jokowi.

Source: tempo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *