Jakarta, INDIEnews — Polemik dan viralnya desainer dan brand-brand Indonesia yang mengklaim tampil di ajang Paris Fashion Week membuat publik kebingungan.

Ada yang menyebut desainer dan brand tersebut melakukan pembohongan publik lantaran mereka tak tampil dalam kalender resmi Paris Fashion Week.

Viralnya desainer yang mengklaim tampil di Paris Fashion Week ini awalnya dicuitkan oleh desainer parfum, Lucky Heng.

Lucky mengaku kesal dengan brand Indonesia yang mengklaim masuk Paris Fashion Week 2022. Lucky menyebut Paris Fashion Week hanya ada satu yang diselenggarakan Fédération de la Haute Couture et de la Mode (FHCM). Acara itu juga disebut memiliki jadwal resmi.

“Sisanya, banyak media dan agency yang memperjualbelikan slot tayang untuk memasukkan jadwal ‘palsu’ ke kalender asli, mengatasnamakan PFW seolah-olah legit,” tulis Lucky.

Brand-brand Indonesia ini sendiri dibawa oleh Gekrafs Indonesia dari Kemenparekraf.

Terkait hal tersebut, Sandiaga Uno memberikan komentarnya dalam weekly press briefing 2022 di akun Youtube Kemenparekraf.

“Produk ekonomi kreatif yang ingin go global akan kami fasilitasi, seluruh produk kreatif anak dan talenta anak bangsa, kami punya tugas dan fungsi untuk membuka ruang dan peluang agar semakin banyak peluang dan pemenang pasca pandemi ini,” kata Sandi saat ditanya tentang klaim desainer Indonesia di Paris Fashion Week.

“Ternyata produk indonesia sangat diminati di Eropa terutama Paris Fashion Week, kami melihat banyak produk-produk ekonomi kreatif kita yang membuka lebih dari 20 juta lapangan kerja. Ini bagian dari tatanan persiapan eko baru pascapandemi.”

“Intinya semua produk indonesia harus kita dukung untuk membangkitkan semangat kita untuk pulih dan membuka peluang kita untuk menjadi pemain global.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *