Makassar – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini akan melantik Andi Sudirman Sulaiman menjadi Gubernur Sulawesi Selatan untuk masa bakti 2022-2023. Pelantikan Gubernur Sulsel dilakukan lebih dulu, menyusul setelahnya pelantikan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pelantikan Gubernur Sulsel akan berlangsung di Instana Negara, Jakarta, Kamis (10/3/2022) sore nanti.

“Kamis sore pukul 15.00 WIB di Istana Negara, Presiden akan melantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan. Kemudian untuk posisi Kepala Otorita IKN dijabat oleh Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam siaran pers yang diterima detikSulsel, Kamis (10/3) pagi.

Menurut Heru, pelantikan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman bersama Kepala Otorita IKN dan wakilnya akan disiarkan secara langsung oleh Sekretariat Presiden.

“Tentunya acara pelantikan tersebut akan disiarkan secara live streaming oleh akun YouTube Sekretariat Presiden mulai pukul 14.45 WIB dengan diawali terlebih dahulu prosesi pelantikan Gubernur Sulawesi Selatan,” ucap Heru.

Pelantikan Andi Sudirman Sulaiman ini digelar terbatas dengan protokol COVID-19 yang ketat. Dari Sulsel hanya 3 orang yang boleh hadir, yakni Ketua DPRD Andi Ina Kartika, Sekda Sulsel Abdul Hayat, dan istri dari Andi Sudirman.

“Setahu saya undangan hanya istri beliau (Andi Sudirman). Kemudian pak Sekda dan Ketua DPRD. Itu ji,” ujar ungkap Andi Ina kepada detikSulsel, Selasa malam (8/3).

Andi Ina sudah menerima informasi resmi secara kelembagaan DPRD Sulsel terkait pelantikan Gubernur Sulsel sore nanti.

“Pelantikannya 10 Maret seperti pemberitahuan ke kami. Itu yang disampaikan pihak Setwan dan Pemprov Sulsel,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *